Sabtu, 02 April 2011

Keadilan di Negara Indonesia

Keadilan adalah hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia. zaman sekarang baik di negara Indonesia maupun di negara lain. keadilan sudah jarang sekali di temukan. sekarang setiap orang tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. karnanya mereka ingin mengambil yang bukan hak mereka. mereka ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cara apapun. mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri, tidak memikirkan orang lain. oleh sebab itulah sering terjadi ketidakadilan di setiap orang dalam hidup ini.
tidak hanya orang yang biasa saja yang sering melakukan ketidakadilan. tetapi orang-orang yang memiliki jabatan pun malah lebih sering melakukan ketidakadilan pada rakyat-rakyat yang kecil. seharusnya mereka memberikan contoh yang baik kepada rakyatnya agar rakyatnya dapat merasakan keadilan yang seharusnya mereka dapatkan.

sebagai contoh kita ambil dari pengalaman seorang nenek yang harus ditahan dan dmeja hijaukan gara-gara memetik 3 buah kakao di perkebunan milik sebuah perusahaan, yang tak jauh dari kebun nenek tersebut. Karena buta huruf, nenek itu tidak bisa membaca peringatan yang terpasang di situ.
Ketika ketahuan mandor kebun tersebut, Mbah Minah, nama nenek tersebut, mengaku tidak tahu dan meminta maaf dan mengembalikan kakao tersebut. Namun pihak perusahaan tetap memilih memperkarakan Mbah Minah, sehingga ditahan dan diadili. Dia diperkarakan karena mengambil buah kakao tersebut senilai Rp. 30.000. Sementara jika dijualpun sebenarnya hanya 6.000 untuk 3 buah kakao
Dimanakah nurani para penegak hukum dan petinggi perusahaan tersebut? Sebandingkah ini semua dengan 30.000? Mungkin biaya makan mereka satu kali saja masih lebih besar daripada itu.
Di sisi lain, para pengemplang uang negara Milyaran rupiah, bisa mengatur segala perkara. Dan para Penegak hukum senang melayani mereka. Bahkan sudah jelas-jelas terungkap rekamannya, masih saja bebas tanpa ada tindakan apapun.
Sepertinya bangsa ini diberi pelajaran yang sungguh buruk yaitu, korupsilah yang banyak jangan mencuri yang kecil-kecil, nanti bagi-bagilah ke aparat, lalu berfoya-foya di negeri orang.

Apakah seharusnya seperti itu keadilan yang harusnya diberikan oleh rakyat dan seluruh manusia yang berada dimanapun?
saya rasa tidak seharusnya kita memperlakukan keadilan seperti itu. karna itu namanya bukan sebuah keadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar